Batutegi merupakan sebuah bendungan yang disebut-sebut sebagai bendungan terbesar Se-Asia Tenggara. Bendungan ini terletak di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Bendungan Batu Tegi ini diremiskan pada tahun 2004 oleh Presiden wanita pertama kita, yaitu Ibu Megawati Soekarno Putri. Namun, pembangunan Bendungan Batutegi Lampung ini sebenarnya sudah dilaksanakan sejak tahun 1995.

bendungan batutegi lampung

©wisatawan.id/Anggia Rumiris

Kisah Pilu Saat Pembangunan Bendungan Batutegi Lampung

Bendungan yang luasnya sekitar 3500 hektar ini menyimpan kisah pilu saat proses pembangunannya. Tepatnya pada tahun 1998, 13 orang pekerja proyek pembangunan bendungan ini tewas tertimbun saat membangun terowongan saluran pembuangan air. Sehingga di Bendungan Batutegi terdapat sebuah tugu yang bertuliskan nama ketiga belas korban tersebut untuk mengenang beliau yang meninggal saat pembangunan Bendungan Batutegi. Tugu tersebut terdapat disalah satu puncak bukit yang ada di Bendungan ini.

Fungsi Bendungan Batutegi

Batu Tegi memiliki banyak manfaat untuk masyarakat daerah Lampung. Volume normal bendungan sekitar 600 juta m3 saat musim hujan volume air akan meningkat menjadi 800 juta m3. Sehingga bendungan ini digunakan sebagai irigasi yang menyediakan kebutuhan air bersih dan minum untuk wilayah sekitar Kota Bandar Lampung, Metro, dan Beranti di Kabupaten Lampung Selatan.

Selain itu pula, Bendungan Batutegi Lampung ini juga digunakan sebagai penyedia pasokan listrik PLN untuk Provinsi Lampung. Tidak mengherankan jika di bendungan ini terdapat tiang-tiang dan mesin pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Selain sebagai irigasi, oleh karena keindahan alam di Bendungan Batutegi, bendungan ini dijadikan sebagai objek wisata yang dikelola oleh pemerintah.

bendungan batutegi lampung

©wisatawan.id/Anggia Rumiris

Apa Saja Yang Menarik Di Bendungan Batutegi?

Objek wisata Bendungan Batutegi Lampung mulai diminati oleh para wisatawan lokal dan mancanegara karena letaknya yang tidak jauh dari pusat Kota Bandar Lampung. Selain itu, panorama lengkungan bukit yang tersusun rapi dan kesejukan udara di sekitar Bendungan Batutegi ini juga menjadi alasan dan daya tarik yang mampu menyihir para wisatawan untuk mengunjungi bendungan ini.

Keindahan alam sekitar yang masih terjaga ke alamiannya ini akan membuat kamu takjub saat pertama kali mengunjungi bendungan ini. Untuk mengunjungi bendungan ini kamu hanya cukup membayar Rp.2000/orang. Namun untuk biaya parkiran dan masuk ke dalam area bendungan biasanya sobat harus membayar biaya tambahan lagi.

Untuk masuk ke dalam area Bendungan sobat mesti lapor ke penjaga dan mengisi daftar buku tamu. Memasuki area bendungan sobat bisa melihat hamparan luas genangan air bendungan dan deretan bukit yang mengelilingi bendungan tersebut.

Selain itu pula, sobat bisa berfoto dengan background landmark bendungan eksotis ini yang bertuliskan “BENDUNGAN BATUTEGI”. Di kawasan ini pada sore hari sering digunakan untuk jogging atau berkumpul bersama teman dan keluarga. Namun pada siang hari kawasan ini sinar mataharinya terasa sangat panas, sebaiknya wajib membawa topi dan kaca mata hitam. Setelah bosan di kawasan ini, sobat bisa bergeser menuju Dermaga atau biasa disebut Jetty.

Tempat Favorit Untuk Ber-selfie Ria

Ketika perjalanan ke dermaga, kamu dapat menikmati keindahan Bendungan Batutegi dari atas bukit. Turunan ke dermaga disebut kelok 8 karena bentuknya dari atas seperti angka 8. Kelok ini menjadi tempat terfavorit untuk berfoto selfi dengan latar belakang keindahan bukit yang mengelilingi bendungan ini. Serta bagi para fotografer, keunikan jalur kelok 8 ini kerap dijadikan angel foto yang menarik untuk diabadikan.

Jadi tidak heran jika spot ini banyak kita jumpai di medsos-medsos para wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke Bendungan Batutegi Lampung. Dari atas terlihat Bendungan Batutegi diapit beberapa pegunungan besar dan ditengah bendungan terdapat sebuah pulau yang dijadikan hutan lindung.

Setelah menurununi kelok 8 sampailah di Dermaga. Di pinggir dermaga terdapat beberapa pohon rindang bagi para pengunjung untuk beristirahat dan menikmati bekal atau membeli makanan di warung yang terdapat di sekitar dermaga. Terdapat kapal-kapal kecil yang menawarkan jasa untuk mengelilingi bendungan dengan tarif Rp.70000/kapal dengan penumpang maksimal 10 orang.

Di sini diperbolehkan memancing, cocok bagi sobat yang memiliki hobi memancing. Terdapat beberapa jenis ikan diantaranya patin, baung, dan gabus. Jika sobat sudah menunggu lama tetapi umpan sobat belum juga disamber ikan, sobat dapat membelinya dipedagang ikan di sekitar bendungan. Harga ikannya tidak mahal, kok, sesuai harga pasaran ikan pada umumnya.

Akses Menuju Lokasi Bendungan Batutegi Lampung

Nah, bagaimana, apakah Sobat tertarik untuk mengunjungi Bendungan Batutegi? Bendungan ini terletak di Desa Batu Tegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Untuk menuju lokasi sebaiknya Sobat menggunakan kendaraan pribadi karena sulit sekali untuk menggunakan angkutan umum di sini. Dari arah Bandar Lampung ambil jalan menuju Talang Padang,Tanggamus. Setelah melewati pertigaan jalan kemiling lurus saja mengikuti jalan besar atau jalan Kota Agung.

Kita akan melewati Kabupaten Pesawaran-Gapura Bambu Kuning Pringsewu. Setelah itu nanti ada petunjuk menuju Bendungan Batu Tegi, ikuti saja petunjuk tersebut. Perjalanan dari Bandar Lampung membutuhkan waktu sekitar 2 jam jika tidak terjebak kemacetan atau hal lainnya.

Eksplore juga: Taman Wisata Lembah Hijau Lampung.

Demikian, eksplorasi saya ke Bendungan Batutegi Lampung, di mana dibalik tragedi yang memilukan tersirat keindahan alami yang mempesona dari Bendungan tersebut. Semoga sobat-sobat tertarik untuk mengunjungi bendungan terbesar Se-Asia Tenggara tersebut. Ayo masukan Bendungan Batu Tegi ke dalam list tempat liburan sobat.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2017/01/PLTA.BATU_.TEGI_.jpg?fit=646%2C450&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2017/01/PLTA.BATU_.TEGI_.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Anggia RumirisWisata BuatanBendungan,Lampung,Panorama Alam,Selfie
Batutegi merupakan sebuah bendungan yang disebut-sebut sebagai bendungan terbesar Se-Asia Tenggara. Bendungan ini terletak di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Bendungan Batu Tegi ini diremiskan pada tahun 2004 oleh Presiden wanita pertama kita, yaitu Ibu Megawati Soekarno Putri. Namun, pembangunan Bendungan Batutegi Lampung ini sebenarnya sudah dilaksanakan sejak tahun 1995. ©wisatawan.id/Anggia...
The following two tabs change content below.

Anggia Rumiris

Anak sulung dari dua bersaudara yang selalu mengisi waktu luang dengan menonton drama korea. Lebih suka berlibur ke tempat-tempat yang unik, baru, dan menarik. Sangat tidak menyukai ketinggian dan tempat-tempat ekstrem.