Belalang Goreng Gunungkidul, WISATAWAN.ID – Belalang goreng atau orang Gunungkidul dan Jogja menyebutnya dengan istilah “Walang goreng” adalah masakan tradisional yang sudah dipertahankan sejak dahulu kala. Masyarakat di Gunungkidul memang sudah sangat lazim menyantap makanan belalang goreng ini, baik sebagai camilan maupun sebagai lauk dengan disantap menggunakan nasi dan sambal.

Belalang Goreng Gunungkidul Jogja

Foto: TRIBUN JOGJA/HAMIM THOHARI

Gimana dengan rasanya? Weww jangan tanya lagi boss, mantap pokoknya, dan dijamin ketagihan deh. Rasa belalang yang mirip udang, bisa diolah menjadi rasa gurih, manis, dan pedas manis, hebat kalau kamu enggak sampai ketagihan, apalagi kriuk-kriuknya itu, sadap.

Di kebanyakan daerah, belalang memang tidak lazim untuk dikonsumsi, belalang atau walang identik dengan serangga yang suka merusak tanaman para petani. Hal itu memang benar, belalang adalah serangga yang merusak, 30 belalang dewasa setara dengan satu ekor sapi lho makannya, merusak banget kan? Dan juga belalang ini merupakan salah satu hama yang sering sekali menggagalkan panen para petani.

Tapi, jangankan dibenci, di Gunungkidul belalang ini malah diburu untuk dikonsumsi. Bukan karena tidak ada makanan lainnya, tapi belalang goreng walaupun terkesan ekstrim, memiliki rasa yang nikmat banget, ditambah protein yang sangat tinggi pula.

Sebenarnya tidak hanya masyarakat gunungkidul saja yang suka mengkonsumsi belalang goreng, beberapa daerah di Indonesia dan Negara lain masyarakatnya juga suka menyantap kuliner ekstrim ini, seperti di Padang, Lampung, Pacitan, Wonogiri, Klaten, Nusa Tenggara.

Sementara di negeri lain, masyarakat di Thailand, Mexico, Australia dan Uganda juga biasa menyantap belalang. Bahkan di Australia, belalang sering diolah menjadi Pizza belalang, nah sadap juga kan…

Bahayakah Belalang Untuk Dikonsumsi?

Normalnya belalang tidak berbahaya untuk dikonsumsi oleh manusia, terkecuali yang memiliki penyakit tertentu yang mungkin bisa kambuh dipicu oleh kandungan belalang, dalam hal ini kamu perlu berkonsultasi dengan dokter.

Secara ilmiah, belalang juga termasuk salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Belalang goreng kering mengandung protein 60%, sedangkan yang basah mengandung sekitar 40%. Entomological Society of America mengatakan bahwa belalang sangat rendah kolesterol, dan bahkan sumber makanan yang lebih baik dari sapi dan ayam.

Tapi perlu diingat, belalang ini memiliki protein yang sangat tinggi, disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsinya karena dapat memicu reaksi alergi di dalam tubuh.

Khusus untuk belalang goreng Gunungkidul ini, belalangnya diolah secara hati-hati, duri di kaki juga akan disingkirkan sehingga tidak mengganggu ketika disantap. Jeroan (kotoran) belalang sudah tentu akan dihilangkan juga untuk menghindari timbulnya rasa pahit.

Dan juga, jenis belalang yang dapat diolah hanyalah jenis belalang kayu (walang kayu), untuk jenis belalang lainnya tidak enak untuk dikonsumsi.

Di Mana Kita Bisa Beli Belalang Goreng Gunungkidul Ini?

Kalau kamu berwisata di Gunungkidul, memang wajib untuk mencicip kuliner ekstrim khas Gunungkidul yang terkenal ini. Kamu bisa langsung menyantapnya, atau bisa juga dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Jangan khawatir, olahan belalang dapat bertahan hingga satu bulan, dan ini tanpa pengawet dan bahan-bahan kimia lainnya lho.

Ketika kamu menuju objek-objek wisata yang ada di Gunungkidul, di sepanjang jalan kamu akan menemui banyak penjual yang menjajakan walang goreng ini. Nah di situlah dengan mudah kamu bisa membelinya, jangan lupa untuk memborong :D, dan jangan sungkan untuk mengirimnya kemari ya, ke alamat redaksi WISATAWAN.ID :v

Kamu juga bisa mendapatkan walang goreng di pasar yang ada di Gunungkidul, seperti di pasar Argosari, Pasar Playen, Pasar Paliyan, dan juga di toko oleh-oleh khas Gunungkidul.

Selain beli dalam kondisi matang, kamu pun bisa beli belalang mentahan, nanti kamu bisa mengolahnya sesuai dengan selera kamu sendiri. Tapi tidak semua penjual akan menjajakan belalang mentahan, mereka lebih banyak menjual belalang goreng yang sudah diolah.

Berapa Harga Belalang Goreng Gunungkidul?

Belalang goreng Gunungkidul dijual per plastik dan per toples, harganya Rp. 30 ribu di musim kemarau, sedangkan di musim penghujan harganya Rp. 20 ribu. Perbedaan harga di musim tertentu ini disebabkan karena tingkat kesulitan berburu belalang.

Di musim kemarau, populasi belalang sangat sedikit sehingga sedikit pula hasil buruannya. Tapi di musim penghujan, populasi walang sangat banyak sehingga hasil buruan juga banyak.

Belalang banyak ditemukan di area persawahan, pertanian, dan perkebunan, di situlah para hunter berburu serangga lezat ini.

Coba ini juga: Wisata kuliner di Kartika Sari Magelang.

Eeits, udah ngeces aja nih pengen nyicip serangga yang satu ini. Mari ke Gunungkidul, kita cicip belalang goreng Gunungkidul yang terkenal ini bersama-sama.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/03/belalang-goreng-kuliner-ekstrim-khas-gunungkidul-TRIBUN-JOGJAHAMIM-THOHARI.jpg?fit=780%2C390&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/03/belalang-goreng-kuliner-ekstrim-khas-gunungkidul-TRIBUN-JOGJAHAMIM-THOHARI.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Agung MujtabaJogjaKulinerGunungkidul,Kuliner Ekstrim,Kuliner Unik
Belalang Goreng Gunungkidul, WISATAWAN.ID – Belalang goreng atau orang Gunungkidul dan Jogja menyebutnya dengan istilah “Walang goreng” adalah masakan tradisional yang sudah dipertahankan sejak dahulu kala. Masyarakat di Gunungkidul memang sudah sangat lazim menyantap makanan belalang goreng ini, baik sebagai camilan maupun sebagai lauk dengan disantap menggunakan nasi dan...
The following two tabs change content below.

Agung Mujtaba

Administrator at Wisatawan.id
Saya berpikir, sesuatu hal pantas dikatakan indah jika terlihat sama dengan fotonya.