WISATAWAN.ID – Air Terjun Klenting Kuning, tak tinggi memang. Hanya sekitar 8 meter saja. Tetapi pesona aliran airnya yang jernih berpadu dengan bebatuan berwarna kemuning menampilkan sisi eksotis yang luar biasa. Tidak seperti kebanyakan air terjun yang musti berjalan ke area yang banyak di tumbuhi pepohonan, lokasi air terjun klenting kuning seperti sudah terisolir, mengalir dari atas menuju kolam tempat berenang.

Air Terjun Klenting Kuning | Foto: Litalia @Koleksi WISATAWAN.ID
Air Terjun Klenting Kuning
Tersembunyi di Desa Kemawi Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang, air terjun klenting kuning mengalir dari puncak sebelah barat gunung ungaran. Meski keindahanya tersembunyi, lokasinya kini mulai rame di sambangi para penikmat alam plus dengan fasilitas lengkap meski hanya sederhana. Sebagaimana layaknya air terjun, terdapat fasilitas beribadah, gubug berbentuk gazebo-gazebo terbuka untuk menikmati pesona alam sekitar serta tak lupa fasilitas kamar ganti dan toilet.

Seperti yang sudah saya katakan tadi, yang paling menarik adalah fakta bahwa air terjun klenting kuning mengalir pada bebatuan yang berwarna kekuningan, seolah aliran airnya mangandung banyak belerang, padahal kalau sobat coba cium aroma airnya, sama sekali tak tercium aroma belerang.

Bermain Air di Air Terjun Klenting Kuning | Foto: Litalia @Koleksi WISATAWAN.ID
Air Terjun Klenting Kuning
Jika sobat bosan dengan air terjun klenting kuning, sobat bisa ke air terjun klenting biru yang lokasinya lebih tinggi 4 meter dari kelenting kuning dan kelenting hijau yang agak ke atas dan masih tertutup semak belukar. Tetapi menyusuri untuk mendapatkan dua lokasi pelengkap klenting kuning tersebut akan menjadi petualangan yang menyenangkan, lokasinya sejuk dan pepohonanya cocok untuk sobat yang hobi berfoto.

Akses menuju Lokasi

Ada banyak rute yang bisa sobat lalui untuk ke air terjun klenting kuning, tetapi satu yang pasti ketika sobat telah dekat dengan lokasi. Sobat akan di sambut dengan deretan ladang daun bawang yang tumbuh hijau dan beberapa semak. Juga sobat dapat melihat kondisi wilayah yang berada lebih rendah dari jalan sobat.

Rute pertama, sobat bisa ambil jalan melalui semarang menuju bandungan. Dari bandungan jalan saja terus sampai menemukan plang papan nama bertuliskan air terjun kelenteng kuning disisi kanan jalan. Untuk jalaur kedua, sobat bisa ambil jalan melaui boja. Dari boja jalan menuju pasar sumowono, silakan jalan terus sampai menemukan papan nama bertulis air terjun klenting kuning di sisi kiri sobat.

Dari area parkir, sobat harus berjalan menapaki jalan setapak sepanjang kira-kira 700 meter. Hati-hati sobat, jika sobat kesana sehabis hujan, sebab pasti kondisi jalanya licin. Yang sobat lewati sepanjang jalan setapak hanyalah pohon-pohon besar. dipertengahan jalan, sobat akan dihadapkan pada dua pilihan jalan. Satu jalan ke atas dan satu jalan ke bawah. Untuk jalur yang ke atas, sobat akan langsung menuju ke lokasi air terjun, sementara untuk yang ke bawah sobat akan menghadapi rute yang lebuh panjang tetapi jalanya santai dan ada warung di sana.

Lokasi wisata terdekat

Dari air terjun klenting kuning sobat bisa mengunjungi banyak sekali lokasi wisata, terutama air terjun. bahkan ketika sobat jalan melalui semarang, sobat akan melewati beberapa lokasi wisata. Mulai dari umbul sidomukti, bandungan, wisata gedong songo, sampai yang berdekatan tetapi berada disisi kiri jalan adalah curug 7 bidadari. Sementara jika sobat jalan melalui boja, sobat akan bertemu dengan lokasi wisata kampung jawa, wisata watu sumong, wisata air terjun plebung gongsong baru sobat akan sampai di air terjun klenting kuning.

Wisata terkait: Wisata Watu Sumong.

Ini mengapa boleh dikatakan bahwa lokasi wisata air terjun klenting kuning sangat strategis karena berdekatan dengan lokasi wisata yang lain. Jika anda bosan anda cukup pindah menuju lokasi wisata yang lain. Tetapi perlu diingat sebagai tambahan informasi sobat, dua lokasi wisata air terjun yang berdekatan dengan air terjun klenting kuning, baik wisata air terjun 7 bidadari dan air terjun plebur gongsong memiliki ciri masing-masing. Air terjun 7 bidadari memiliki ciri banyak air terjun sementara ketinggiannya hanya beberapa meter saja, sementara plebur gongsong cukup tinggi tetapi seolah berada dibawah kita.

Nah, itulah sekilas cerita yang pasti sobat dapatkan jika berkunjung ke air terjun klenting kuning. Masing-masing pasti punya cerita tersendiri. Oh ya sobat lokasi ini sangat tepat untuk di kunjungi bersama keluarga dan pasangan lho, ada banyak bunga-bunga yang sengaja ditanam dekat dengan lokasi air terjun, maka tak heran kondisi air terjun juga sepanjang jalan memasuki wilayah sangat bersih dan terawat. Jadi asyik buat sobat yang punya hobi foto-foto. Kalau tidak percaya, mari buktikan sendiri.

https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/air-terjun-klenteng-1.jpg?fit=768%2C804&ssl=1https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/air-terjun-klenteng-1.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaJatengWisata AlamAir Terjun,Panorama Alam,Semarang,wisata air
WISATAWAN.ID - Air Terjun Klenting Kuning, tak tinggi memang. Hanya sekitar 8 meter saja. Tetapi pesona aliran airnya yang jernih berpadu dengan bebatuan berwarna kemuning menampilkan sisi eksotis yang luar biasa. Tidak seperti kebanyakan air terjun yang musti berjalan ke area yang banyak di tumbuhi pepohonan, lokasi air terjun...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.