Berwisata merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain dapat menghilangkan penat dari kesibukan rutinitas, dengan berwisata pun akan menambah pengalaman lebih banyak tentang keindahan alam semesta. Salah satu tempat wisata yang dapat mewujudkan hal tersebut adalah wisata Air terjun Dolo Kediri.

Air Terjun Dolo Kediri

Duduk santai menikmati sejuknya Air Terjun Dolo | Nofalia
©wisatawan.id

lokasi air terjun dolo tepat di desa jugo yang masuk kecamatan Mojo kabupaten Kediri. Jaraknya sendiri tidak terlalu jauh berkisar dua puluh lima kilometer bila berangkat dari kota Kediri. Selama perjalanan menuju ke tempat tersebut pengunjung akan disajikan dengan keindahan Alam yang menyejukkan mata.

Selain Air terjun Dolo yang dapat membuat para wisatawan terpesona, ada pemandangan lain yang disuguhkan alam berupa tantangan yang diberikan Alam bagi mereka yang hobi mendaki gunung. Dikenal dengan nama Gunung Besuki merupakan suguhan yang diberikan alam, kemudian setelah berhasil melewati tantangan tersebut Alam memberikan penyejuk hati dengan sejuknya air terjun Dolo.

Ditambah dengan panorama hutan yang asri akan semakin membuat pengunjung pun terpesona. Suasana tenang, dan nyamannya dipastikan tidak akan ditemui di perkotaan.

Ketinggian lokasi wisata ini berada pada 1.800 meter dari atas permukaan laut. Jika Anda masih mengalami kesulitan menemukan lokasi ini dan terbiasa diarahkan oleh navigasi Google maps, maka tinggal memasukkan koordinat yang dapat dilacak melalui GPS di 7°52’10″S 111°50’5″E dan jangan lupa menyalakan GPS di smartphone Anda agar lebih akurat memberikan posisinya di Maps.

Tiket Masuk Air Terjun Dolo Kediri

Tiket masuk ke taman wisata adalah Rp. 6000 per orang, dan tempat bayarnya 10 Km sebelum masuk ke taman wisata. Menuju ke tempat wisata Air terjun Dolo, pandangan Anda akan terpesona menyaksikan hamparan hijau dari hutan pinus yang tambah lengkap dengan aromanya yang khas menyejukkan hati dengan jalur yang melingkar hingga puncak.

Dikarenakan perjalanan menuju tempat wisata tersebut cukup terjal sehingga tidak dapat membawa kendaraan hingga sampai tempat tersebut, jadi harus memarkirkan kendaraan di Dusun Besuki kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki. Cukup dengan membayar Rp. 2000 untuk tiket parkir, maka kita bisa lebih aman untuk memarkirkan kendaraan.

Walaupun Anda harus berjalan kaki tapi tetap akan disuguhkan alam pemandangan yang membuat anda berjalan tidak terasa lelah. Jalur berjalan kaki yang dibuat dari bebatuan alami berbentuk melingkar menambah pesona wisata semakin menarik. Hal tersebut belum termasuk dengan pemandangan alam yang akan disuguhkan ketika sudah sampai di Air terjun dolo kediri.

Setelah mulai terasa lelah berjalan kaki dan sampai di tempat tujuan utama, Anda bisa beristirahat sejenak sambil mendinginkan wajah dan kaki Anda dengan menikmati segarnya Air terjun alami yang mengalir dari mata air.

Air Terjun Dolo Kediri

Dari kejauhan, Air Terjun Dolo | Nofalia
©wisatawan.id

Jika Anda belum terlalu lelah, bisa melanjutkan petualangan dengan menikmati fasilitas Area jogging dan hiking yang disediakan secara alami. Bila Anda berwisata bersama keluarga, maka dapat menikmati kawasan ini lebih lama dengan adanya fasilitas Camping Ground bagi yang ingin menikmati pemandangan dan suasana malam di tempat wisata tersebut.

Bila hal tersebut masih dirasa belum cukup, maka Anda dapat melanjutkan dengan wisata buah di kebun strawberry dan sayur yang letaknya hanya beberapa meter dari kawasan air terjun tersebut tepatnya di sebuah pondokan yang terbuat dari bamboo. Pengunjung dapat memetiknya langsung dari pohon sehingga masih ketika akan di konsumsi. Atau bila pengunjung tidak mau repot pun ada yang sudah dikemas, sehingga tinggal langsung dibawa.

Dengan udara alaminya yang cenderung dingin, maka disarankan untuk membawa baju hangat agar tetap dapat menikmati wisata alam Anda dengan nyaman. Sebagai contoh membawa mantel, jaket parasut dan sejenisnya. Jangan lupa juga menggunakan alas kaki yang membuat Anda nyaman khususnya dalam berjalan kaki dengan sedikit mendaki, seperti sandal gunung atau sepatu.

Air Terjun Dolo Kediri

Aliran berundak di Air Terjun Dolo | Nofalia
©wisatawan.id

Di lokasi tersebut juga kadar airnya cukup tinggi, oleh karenanya jangan heran bila muncul kabut tebal disertai dengan awan mendung. Jadi jangan lupa juga untuk membawa alat penerangan seperti lampu senter dan sejenisnya agar tetap dapat melihat jalur dengan nyaman.

Tapi ingat ya, berwisata kemanapun Anda pergi, tetap harus menghormati alam yang telah banyak memberikan manfaat pada kita. Cara menghormatinya pun cukup dengan tidak merusak alam, mengotori, atau bahkan menghancurkan. Sebab kita dan alam sama-sama diciptakan oleh Tuhan sehingga harus hidup berdampingan dengan harmonis.

Wisata lainnya: Air Terjun Coban Rondo.

Wisata Alam Air Terjun Dolo Kediri ini memang sangat di sarankan kepada Anda yang mungkin sudah cukup jenuh dengan tempat wisata seperti kawasan puncak bogor, Kebun raya, dan sejenisnya. Dengan menambah pengalaman berwisata akan membuat anda ingin berbagi dengan orang-orang terdekat agar dapat berkunjung ke tempat wisata bersama, sehingga akan terasa sensasi berbeda dibandingkan berwisata ke arena hiburan dimana pemandangannya tetap melihat orang bukan Alam.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/06/dolo-1.jpg?fit=768%2C609&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/06/dolo-1.jpg?resize=150%2C150&ssl=1ikenofaliaJatimWisata AlamAir Terjun,Kediri,wisata air
Berwisata merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain dapat menghilangkan penat dari kesibukan rutinitas, dengan berwisata pun akan menambah pengalaman lebih banyak tentang keindahan alam semesta. Salah satu tempat wisata yang dapat mewujudkan hal tersebut adalah wisata Air terjun Dolo Kediri. Duduk santai menikmati sejuknya Air Terjun...
The following two tabs change content below.

ikenofalia

Explorer
Saya merupakan mahasiswi S1 teknik Informatika. Saya sudah 3 tahun menjadi penulis Artikel dan menjadi admin di beberapa Web Content