Curug Lawe Air Terjun Tertinggi Di Lereng Gunung Ungaran, WISATAWAN.ID – Satu lagi pesona air terjun Gunung Ungaran, curug lawe. Bagi masyarakat lereng gunung ungaran pasti sudah tidak asing mendengarnya. Lereng gunung ungaran memang dikenal sebagai surganya pecinta air terjun, sebab di Lereng ini ada banyak sekali air terjun. Selain Curug Lawe, ada juga Curug Benowo, Curug Tujuh Bidadari, Air Terjun Semirang, serta banyak spot air terjun yang bahkan belum memiliki nama.

Air Terjun curug lawe gunung ungaran

©wisatawan.id/Litalia

Curug Lawe bisa dibilang unik karena curug ini memiliki bentuk yang menyerupai huruf Y. Curug ini sangat cocok dijadikan sebagai “tempat pelarian” untuk anda yang lelah dengan hiruk piku kota. Sebab, akses untuk menuju Curug Lawe ini dipenuhi dengan pemandangan alam berupa pepohonan hijau yang asri dan aliran sungai yang jernih, yang pastinya akan memanjakan mata anda.

Letak dan Petunjuk Arah

Curug ini terletak Desa Kalisidi, Sekaran, Gunung Pati, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah. Anda bisa menemukan tempat ini melalui peta dan letak koordinat GPS di 7°9’37″S   110°21’17″E.

Curug Lawe berjarak sekitar 12 Km dari Kota Semarang, dan 7 Km dari Kota Ungaran. Jika Anda melakukan perjalanan dari Alun-alun Ungaran, anda bisa mengambil arah ke Mapagan melalui jalan tembus menuju Boja. Setekah sampai di Boja, anda bisa mengambil belokan ke kiri di Desa Sumur Gunung.

Setelah melewati pertigaan Sumur Gunung, teruskan perjalanan menunju arah selatan hingga anda sampai di Perkebunan Cengkeh Zanzibar (sekitar 3 Km dengan kondisi jalan menanjak dan kemiringan sekitar 25-45%). Setelah sampai di Perkebunan Zanzibar anda bisa memarkir kendaraan anda di dekat Guest House.

Apabila anda memulai perjalanan dari Kampus Unnes, maka dari kampus Unnes anda lurus saja menuju pertigaan arah ke Ungaran. Sampai di pertigaan Unnes-Ungaran-Sumur Gunung silahkan belok kanan sampai melewati Kantor Kecamatan Gunung Pati. Kurang lebih 1 Km dari situ anda akan menemukan papan penunjuk lokasi di sebelah kiri.

Koordinat GPS terdekat untuk Curug Lawe seperti yang tertera di atas adalah koordinat untuk posko, dimana dari posko inilah anda akan melanjutkan perjalanan ke curug dengan berjalan kaki. Jangan lupa, harga tiket masuk yang harus anda bayarkan di posko ini hanya 4000 rupiah saja untuk menikmati Curug Lawe dan Curug Benowo.

Akses Perjalanan Menuju Curug Lawe

Perjalanan menuju Curug Lawe dimulai dari posko tempat anda memarkir mobil, dilanjut dengan berjalan kaki selama kurang lebih dua jam. Nah, medan inilah yang cukup berat untuk pemula.

perjalanan menuju Air Terjun curug lawe gunung ungaran

©wisatawan.id/Litalia

Di awal perjalanan kita akan melewati Kebun Cengkeh kemudian menyusuri jalur irigasi yang datar. Setelah jalur irigasi tersebut kita akan berjalan di jalan tanah yang lumayan terjal dan melalui banyak tanjakan dan melewati sungai kecil,  Hati-hati, sebab di sungai kecil ini jalanan akan sedikit licin, terutama jika sedang turun hujan.

Setelah sungai kecil, kita akan menemui sebuah bendungan. Sekitar 10 menit dari bendungan inilah kita akan dihadapkan dengan percabangan jalan, dimana cabang sebelah kiri akan menuju ke Curung Lawe dan yang sebelah kanan menuju ke Curug Benowo (Sekarang ada jalan tembus yang bisa menuju ke dua buah Curug tersebut tanpa harus kembali ke persimpangan ini).

Perjalanan ini akan menjadi menarik sebab dari medan yang akan anda lalui semuanya masih hijau, asri, dan alami. Kita akan melewati bebatuan sungai yang indah dan bahkan duduk-duduk di batang pohon yang tumbang. Pemadangan ini akan terus menggoda anda untuk berhenti sebentar dan mengambil foto.

Apabila ingin ke Curug Lawe, kami sarankan anda membawa baju ganti, sebab keindahan air terjun Curug Lawe yang masih sangat alami ini tentu tidak bisa dilewatkan tanpa bermain air hingga basah. Namun anda harus tetap berhati-hati, sebab banyak sekali kayu-kayu maupun ranting di dasar air terjun. Apalagi saat musim hujan, bisa saja material dari atas air terjun ikut terjun bebas ke bawah.

Meskipun begitu, kami berani menjamin bahwa semua hal tentang perjalanan dan keindahan Curug Lawe ini akan membayar lunas rasa lelah dan medan yang anda tempuh untuk menuju Curug ini.

Keindahan Curug Lawe dibanding Air Terjun Lain

Air terjun Curug Lawe ini memiliki sisi tebing yang oval dengan ketinggian lebih dari 40 meter. Semua penjuru tebing dipenuhi dengan kucuran air yang mengelilingi curug. Derasnya air yang menghantam bebatuan di dasar air terjun menimbulkan buih-buih putih yang apabila terkena pantulan sinar matahari akan membentuk pelangi yang indah. Unik dan menarik bukan, air terjun ini?

Pada akses menuju Curug ini juga ada salah satu spot favorit pengunjung yang disebut dengan Jambatan Romantis. Mengapa begitu? Karena sepanjang jembatan terbuat dari kayu yang dipenuhi lumut hijau dengan background Gunung Ungaran. Hal ini membuat jembatan ini terasa unik dan alami, serta memiliki keindahan yang tiada dua-nya. Tidak jarang di lokasi jembatan tersebut dijadikan sebagai spot pra-wedding.

Obyek Wisata Terdekat

Obyek wisata lain yang paling dekat dengan Curug Lawe adalah Curug Benowo. Curug ini terletak tidak jauh dengan Curug Lawe karena akses awal menujunya adalah akses yang sama untuk menuju Curug Lawe.

Curug Benowo berada sekitar 1 Km di sisi kanan Curug Lawe. Medan menuju Curug Benowo ini lebih licin dan lebih curam dibandingkan medan ke Curug lawe, tanahnya berkerikil dan naik turun. Namun jika anda beruntung, anda bisa menyaksikan elang yang terbang berkeliling di atas langit Curug Benowo. Menarik kan?

Wisata menarik lainnya: Air Terjun Klenting Kuning Semarang.

Rekomendasi buat?

Siapapun yang memiliki tenaga untuk berjalan kira-kira satu jam perjalanan, saya sarankan untuk menikmati air terjun tertinggi di Lereng Gunung Ungaran ini. Anda tidak akan kecewa menikmati keindahannya dan berceburan di bawah air terjun. Untuk menikmati perjalanan anda bisa kesana beramai-ramai.

https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/04/curug-lawe-2.jpg?fit=1024%2C549&ssl=1https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/04/curug-lawe-2.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaJatengWisata AlamAir Terjun,Curug,Gunung Ungaran,Semarang,wisata air
Curug Lawe Air Terjun Tertinggi Di Lereng Gunung Ungaran, WISATAWAN.ID - Satu lagi pesona air terjun Gunung Ungaran, curug lawe. Bagi masyarakat lereng gunung ungaran pasti sudah tidak asing mendengarnya. Lereng gunung ungaran memang dikenal sebagai surganya pecinta air terjun, sebab di Lereng ini ada banyak sekali air terjun....
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.