Menikmati 6 Goa Terindah di Jogja , wisatawan.id – Jogja kota pelajar memang memiliki daya tarik wisata yang luar biasa, sebut saja wisata alam pegunungan, pantai, candi, wisata kuliner yang unik dan ekstrim, wisata sejarah, pendidikan, budaya, dan masih banyak lagi.

goa terindah di jogja

Kalau kamu ke jogja, rasanya udah all in one, kota sejuta rasa, sejuta kenangan. Kamu gak bisa bayangin ketika musim libur tiba, jogja akan dipenuhi oleh mobil-mobil dan bus-bus wisata. Mendadak menjadi kota yang sumpek seperti Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

Di jogja, banyak wisatawan lokal maupun bule yang berburu tempat wisata yang unik, indah, anti-mainstream dan bahkan wisata ekstrim sekalipun. Di Yogyakarta semuanya ada, kalau kamu pengen wisata yang keren, menantang plus olahraga, rekomendasi kami adalah wisata alam goa. Menjelajah goa bisa menghadirkan rasa tersendiri, memacu jiwa traveller kamu.

Kalo kamu yang tertarik untuk menjelajah goa yang ada di jogja, sangat wajib bagi kamu untuk mencoba goa-goa berikut ini, goa di bawah ini terkenal keindahan dan keeksotisannya.

Berikut, Daftar 6 Goa Terindah di Jogja:

Goa Jomblang

6 goa terindah di jogja

Seperti di film-film saja, kita di bawah disinari oleh cahaya dari atas, karena cahaya ini begitu indah dan memancarkan romantisme dan ketenangan, oleh travellers sinar cahaya ini disebut sebagai “cahaya surga”. Sinar itu berasal dari cahaya matahari yang masuk melalui mulut goa. Ya, mulut goa ini ada di atas karena ini merupakan goa vertikal, unik kan, jadi kalau kamu mau masuk goa harus menggunakan alat-alat khusus.

Dari mulut goa hingga ke dasar, tingginya kira-kira 60m. Setelah kamu sampai di dasar goa, kamu akan disajikan dengan pemandangan hutan purba di mana kamu akan melihat vegetasi yang jauh berbeda dengan kondisi di saat ini.

Goa jomblang berlokasi di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta.

Goa Pindul

Di goa ini kamu bisa main air sambil memandangi keindahan stalagtit dan stalagmit yang ada di sepanjang goa. Goa pindul merupakan goa yang memiliki aliran air di bawah tanah sepanjang -+ 300m dengan lebar -+5m. Air yang bersih nan sejuk dipadu dengan keindahan stalagtit dan stalagmit, dijamin akan membuat kamu benar-benar terkesan.

Untuk menyusuri goa pindul, kamu harus menggunakan ban sebagai pelampung dan akan dipandu oleh seorang instruktur wisata. Di sini kamu bisa sepuasnya main air hingga melakukan ban rafting yang sudah tentu akan menyenangkan. Tapi hati-hati, goa pindul pernah memakan korban. Nah lhoo, makin menantang kan, yuk ajak teman kamu untuk menaklukkan goa ini.

Goa pindul terletak di Dusun Gelaran I, desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.

Goa Kalisuci

Goa ini mirip dengan goa pindul, goa yang memiliki aliran air di bawah tanah. Di goa ini kamu juga harus memakai pelampung untuk menyusurinya. Goa ini memiliki medan yang cukup terjal disertai aliran air yang cukup deras.

Goa ini berlokasi di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Untuk sampai di mulut goa, kamu harus melalui jalan bebatuan yang curam -+ 15menit.

Goa Cerme

Goa ini benar-benar akan menyajikan kamu nuansa petualangan sejati. Goa dengan panjang 1,5 KM ini akan melewati dua kabupaten, kabupaten Gunungkidul dan kabupaten Bantul, ini karena memang letak goa cerme di dekat perbatasan dua kabupaten tersebut. Di goa ini, kamu bisa telusuri untuk melihat keunikan dan eksotisme alam bawah tanah. Goa ini berair dan gelap, kamu perlu senter atau penerang lainnya untuk menyusuri, namun tak perlu menggunakan pelampung seperti goa pindul dan goa kalisuci.

Ada nuansa mistis dan penuh sejarah di goa ini, dikatakan goa ini merupakan bekas tempat perkumpulan walisongo, serta cerita-cerita mistis yang menjadi cerita legenda masyarakat setempat.

Goa cerme terletak di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul (menembus sampai Gunungkidul). Ketika akan menyusuri goa ini, kamu harus dipandu oleh instruktur wisata, kondisi gelap penuh tikungan, licin, dan kedalaman air yang tak menentu, ada juga yang kedalamannya lebih dari satu meter, menaklukkan goa cerme benar-benar menyenangkan.

Goa Rancang Kencono

Goa yang sangat indah nan penuh sejarah untuk ditelusuri. Goa ini memiliki pohon besar di tengah-tengahnya, sinar matahari bisa masuk dan menyinari yang ada dibawahnya. Walaupun tak semenajubkan goa jomblang, goa ini patut kamu kunjungi karena eksotisme stalagtit dan sejarah prajurit kerajaan mataram.

Goa ini terletak di pedukuhan Menggoran II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Goa Seropan

Goa dengan air terjun dan tebing-tebing tinggi, itulah ciri khas goa seropan. Selain keindahannya, goa ini juga mampu melampiaskan hasrat kamu untuk olahraga ekstrim, panjat tebing. Gua Seropan ini terletak di Desa Semuluh, Semanu, Gunungkidul.

Coba juga: Air terjun Sri Gethuk Gunungkidul.

Itu adalah 6 goa terindah di jogja. Semoga bisa menjadi referensi jejalah wisata alam kamu di Yogyakarta. Sampai jumpa lagi.

https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/02/goa-jomblang.jpg?fit=640%2C426&ssl=1https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/02/goa-jomblang.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Agung MujtabaJogjaWisata AlamBantul,Goa,Gunungkidul
Menikmati 6 Goa Terindah di Jogja , wisatawan.id – Jogja kota pelajar memang memiliki daya tarik wisata yang luar biasa, sebut saja wisata alam pegunungan, pantai, candi, wisata kuliner yang unik dan ekstrim, wisata sejarah, pendidikan, budaya, dan masih banyak lagi. Kalau kamu ke jogja, rasanya udah all in one,...
The following two tabs change content below.

Agung Mujtaba

Administrator at Wisatawan.id
Saya berpikir, sesuatu hal pantas dikatakan indah jika terlihat sama dengan fotonya.