Unik, satu kata yang pas untuk Pulau Dewata atau Pulau Seribu Pura. Wajarlah, disebut Pulau Seribu Pura, karena mayoritas penduduknya beragama Hindu. Kalau teman-teman berkunjung ke Pulau Bali, pasti akan melihat pura dan lembu di mana-mana. Pulau Bali yang menyandang nama “surga” ternyata bukan nama semata. Banyak karya wisata bak “surga” yang berhamburan di Bali. Salah satunya, wisata Tanjung Benoa.

wisata Tanjung Benoa

Pemandangan yang Indah di Tanjung Benoa | ©wisatawan.id/Cindy Larasati

Di Tanjung Benoa, teman-teman bisa menemukan paket komplit karena permainannya lengkap dan seru. Mulai dari banana boat, fly board, scuba diving, parasailing sampai wahana under water. Ditambah lagi pemandangannya indah banget. Kalau teman-teman mendambakan wisata yang berkaitan dengan pantai dan beraneka ragam permainan, maka wisata Tanjung Benoa -lah jawabannya.

Lokasi Tanjung Benoa
Tanjung Benoa letaknya di Bali Selatan, tetanggaan dengan kawasan wisata Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung. Tepatnya 22 kilometer dari pusat Kota Denpasar dan 16 kilometer dari Bandara Ngurah Rai. Tanjung Benoa disebut sebagai wisata bahari di Bali, karena selain ada banyak permainan, di sini juga ada pelayaran ke Pulau Penyu dan penangkaran kura-kura, ular, jalak bali, dan lain-lain.

Harga Tiket Tanjung Benoa
Di gapura selamat datang nantinya, teman-teman harus membayar tiket masuk. Rinciannya seperti ini:

  • Mobil: Rp5.000/mobil (bukan per orang)
  • Bus plat Bali: Rp10.000/bus (bukan per orang)
  • Bus plat luar Bali: Rp15.000/bus (bukan per orang)
  • Sepeda motor: gratis.

Tapi, tiket masuk yang teman-teman bayar itu belum termasuk tiket untuk bermain. Misalnya, teman-teman mau mencoba banana boat, maka teman-teman harus membayar lagi sesuai tarif yang ditentukan untuk permainan tersebut.

12 Wahana Air di Tanjung Benoa

wisata Tanjung Benoa

©wisatawan.id/Cindy Larasati

Berikut ini wahana-wahana air yang sangat menarik untuk teman-teman coba, diantaranya:

  1. Water Ski

Kalau teman-teman hobi berselancar, wahana yang satu ini bisa jadi pilihan. Teman-teman akan berdiri di sebuah papan dan ditarik oleh speed boat. Pokoknya, benar-benar memacu adrenalin!

  1. Flying Board

Jika teman-teman ingat flying board, maka teman-teman pun akan ingat Iron Man. Flying board memungkinkan teman-teman terbang dengan ketinggian kurang lebih 5 meter. Teman-teman akan terbang dengan berdiri di papan yang didorong oleh air berkekuatan 200pk.

  1. Rolling Donut

Rolling donut mirip banana boat. Bedanya, boat rolling donut bentuknya donat, kalau banana boat bentuknya pisang. Boat ini ditarik oleh speed boat. Teman-teman harus berusia minimal 6 tahun untuk bisa menaikinya. Nyali teman-teman akan benar-benar diuji ketika speed boat berbelok ke arah kanan atau kiri.

  1. Wake board

Wake board mirip water ski. Letak perbedaannya hanya di papannya. Kalau wake board pakai papan mirip skate board, water ski pakai papan ski.

  1. Flying Fish

Bagi teman-teman yang suka ketinggian,teman-teman bisa coba flying fish. Teman-teman bakal terbang pakai tiga banana boat yang disatukan dan diberi sayap di kanan-kirinya. Teman-teman bisa ajak satu orang teman untuk menaikinya. Nantinya, teman-teman juga akan ditemani oleh seorang pemandu.

  1. Parasailing

Parasailing cukup memacu adrenalin. Teman-teman akan terbang pakai parasut. Parasutnya ditarik oleh speed boat, pakai tali yang panjangnya sekitar 30-40 meter. Permainan ini nggak cuma untuk orang dewasa, anak-anak juga boleh coba, asalkan  ada orang dewasa yang menemaninya.

  1. Jetski

Jetski itu seperti mengendarai motor. Namun, bedanya teman-teman akan mengendarai motor di atas air. Teman-teman juga akan ditemani oleh seorang pemandu.

  1. Banana Boat

Banana boat bisa dinaiki oleh empat orang ditambah satu orang instruktur. Sama kayak parasailing, banana boat juga ditarik oleh speed boat. Lama permainan ini sekitar 15 menit. Teman-teman harus berusia minimal 6 tahun dulu, baru bisa naik.

  1. Seawalker

Seperti namanya, teman-teman nantinya akan berjalan di dasar laut. Selain itu, teman-teman akan memakai helm kedap air untuk melihat kehidupan di bawah laut.

  1. Scuba Diving

Wahana yang satu ini keren banget lho, teman-teman. Cocok banget buat yang suka menyelam. Teman-teman bisa menyelam sampai ke dasar laut. Nantinya teman-teman pakai peralatan selam yang lengkap. Jangan takut mencoba bagi yang belum mahir renang, karena pemula sekalipun bisa coba. Bagi teman-teman yang masih pemula, teman-teman akan diajak menyelam sedalam 3-6 meter, kemudian teman-teman akan diberi roti untuk memberi makan  ikan.

  1. Snorkeling

Dengan mencoba snorkeling, teman-teman bisa lihat terumbu karang dan ikan-ikan. Tapi, teman-teman nggak bisa menyelam sampai ke dasar laut. Teman-teman cuma bisa lihat keindahan laut dari permukaan air. Untuk keselamatan, teman-teman harus pakai masker dan fin.

  1. Glass Bottom Boat dan Pulau Penyu

Glass bottom boat akan mengantar teman-teman ke Pulau Penyu. Lantai Glass bottom boat terbuat dari kaca bening. Di Pulau Penyu, teman-teman dapat melihat telur penyu maupun penyu yang sudah besar. Selain itu, ada juga ular jinak yang bisa teman-teman ajak berfoto.

Tips-Tips Mengunjungi Tanjung Benoa

  1. Bawa baju ganti. Karena teman-teman akan main wahana air, baju pasti basah.
  2. Sebaiknya kunjungi destinasi wisata Tanjung Benoa ini saat hari biasa saja, hari libur biasanya ramai. Antrian makin panjang.
  3. Siapkan dana yang cukup besar kalau mau coba semua wahana.
  4. Datanglah bersama rombongan. Ada beberapa wahana yang harus dinaiki lebih dari satu orang.

Tak kalah hebat: Wisata Karimunjawa.

Kalau teman-teman ingin main sambil menikmati keindahan ombak yang bergelombang, pasir yang coklat, dan lihat sunset, datang saja ke Tanjung Benoa. Selain harga tiket masuk murah, pemandu di sana juga ramah. Kalau teman-teman nggak mau mencoba wahananya, teman-teman bisa bermain pasir dan air. Jadi, jangan ragu untuk datang ke Tanjung Benoa.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/Tanjung-Benoa-Denpasar-Bali.jpg?fit=1024%2C576&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/Tanjung-Benoa-Denpasar-Bali.jpg?resize=150%2C150&ssl=1cindylarasatiWisata BahariBadung,Bali,wisata air
Unik, satu kata yang pas untuk Pulau Dewata atau Pulau Seribu Pura. Wajarlah, disebut Pulau Seribu Pura, karena mayoritas penduduknya beragama Hindu. Kalau teman-teman berkunjung ke Pulau Bali, pasti akan melihat pura dan lembu di mana-mana. Pulau Bali yang menyandang nama “surga” ternyata bukan nama semata. Banyak karya wisata bak...
The following two tabs change content below.

cindylarasati

Mahasiswa jurusan Akuntansi di Politeknik Negeri Sriwijaya yang senang menulis.